Ayam dan Hati Goreng Kremes Lezat


"Masak apa? Masak apa? Masak apa sekarang?" Ha-ha-ha, itu pasti lagu faforit ibu rumah tangga tiap pagi. Begitupula aku, bingung mau masak apa tiap pagi. Enaknya sarapan pakai apa ya, masakan simple, enak dan seluruh keluarga mau makan.

Sebaiknya tengok kulkas dulu sebelum belanja. Benar saja masih ada stok hati dan daging ayam, hm, ... enaknya dimasak apa ya?  Terpenting aku cuci dulu sampai bersih. Lalu merebus ayam. Tak lupa kumasukkan bumbu ungkep ayam yang sudah jadi. Ada banyak merk di pasaran.

Atau kalau mau bikin sendiri juga bisa. Ambil jahe, kunyit, sere, kencur. Geprek semua bumbu lalu masukkan ke air rebusan ayam. Tambahkan  ketumbar dan merica. Biasanya aku pakai yang bubuk ya. 

Oya, jangan lupa tambahkan garam dan daun jeruk biar rasa lebih gurih dan nggak amis.

Sambil menunggu, ayam matang, akhirnya kuputuskan  untuk membuat ayam goreng saja. Jadi aku siapkan adonan untuk membuat balur ayam kremes telur dua butir. Kupecahkan telur kewadah. Aku tambahkan satu sendok tepung kanji. Kuaduk-aduk sampai berbusa.

Lalu kusiapkan penggorengan dan minyak secukupnya di atas kompor. Kutunggu sampai minyak benar-benar panas. 

Aku baluri ayam dengan adonan. Lalu digoreng di minyak panas sampai berwarna keemasan dan tampak kremesan di bagian luar. Angkat ayam goreng. Kemudian siap disajikan dengan nasi hangat dan sambal uleg. Tambahkan lalapan kemangi dan selada kalau ada.

Oh, ya ada yang mau resep sambal uleg juga nggak? Kali ini aku pakai sambal bawang yang nggak kugoreng dulu ya. Jadi ini kubuat dari cabe rawit dan bawang mentah, secukupnya sesuai selera. Uleg di "lemper" sampai lembut, tambahi garam, sedikit gula, sedikit micin. Lalu masukkan minyak panas, kalau bisa bekas menggoreng ayam tadi, ya. Setelah itu, tinggal uleg lagi sampai semua tercamput rata. Hm, sambal bawang sedap sudah siap.

Nah, semua sudah siap. Ayam goreng kremes kriuk mantab, dijamin bikin pengen nambah terus.

Selamat mencoba!







Posting Komentar

0 Komentar